Mahasiswa KKN UIN IB Olah Ampas Tebu Menjadi Keripik

0


Sitinjausumbarnews.com - 
Berawal dari ampas tebu yang dijadikan bahan bakar, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Imam Bonjol Padang olah ampas tebu menjadi keripik. Olahan ini diperkenalkan di Nagari Bukik Batabuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. 

Ketua KKN, M. Fauzan Alfaruqh, Selasa, (29/8/2023) mengungkapkan tujuan dari inovasi ini agar masyarakat mampu memanfaatkan sesuatu yang biasanya dibuang menjadi hal yang bernilai ekonomi tinggi dan menambah pendapatan. “Sejatinya tebu adalah tumbuhan halal, maka tidak masalah jika diolah menjadi makanan,” ujarnya. 

Lanjutnya, pengolahan yang dilakukan terbilang mudah dimulai dari pemilihan ampas tebu berkualitas baik dan dicuci bersih. “Ampas tebu yang sudah bersih dihaluskan kemudian dicampur menggunakan tepung tapioka, terigu, dan penyedap rasa,” sebutnya. 

“Setelah itu, adonan diaduk dan dibentuk pipih yang nantinya bakal dikukus,” sambungnya. 

Kemudian, kata dia, usai pengukusan langkah terakhir yaitu memotong adonan sesuai keinginan. “Jangan lupa untuk menjemur keripik tersebut di bawah matahari, barulah bisa digoreng,” tuturnya. 

Ia mengaku banyak masyarakat sekitar yang tertarik dan penasaran melihat olahan ini. “Banyak yang ingin mencoba olahan tersebut,” pungkas.

Ia berharap olahan ampas tebu yang dijadikan keripik tetap diteruskan oleh masyarakat. “Pemerintah setempat juga memberikan modal untuk satu orang serta mengurus label halalnya dan membuat sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT),” tutupnya. (*)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top