Sukses Selenggarakan PDPKPNU, PCNU Solok Tingkatkan Berkhidmat di NU

0

 


Sitinjausumbarnews.com -  Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Solok sukses menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PDPKPNU) angkatan pertama  di aula Asrama Haji Kota Padang. PDPKPNU yang berlangsung selama tiga hari, Senin (8/8/2023) dinihari ditutup dengan meluluskan peserta sebanyak 70 orang.

 

Ketua PCNU Kabupaten Solok Afrizen, S.Ag, M.Pd pada penutupan PDPKPNU Angkatan I pada Senin (8/8/2023) dinihari mengatakan, bersyukur pelaksanaan PDPKPNU berjalan lancar dan sukses. Walaupun ada peserta yang dinyatakan tidak lulus karena tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan Tim Instruktur PBNU.

“Peserta yang lulus mengikuti PDPKPNU diberikan sertifikat kelulusan sebagai bukti sudah mengikuti PDPKPNU sebagai jenjang pengkaderan dasar di NU. Peserta yang sudah dinyatakan lulus diharapkan dapat meningkatkan khidmatnya dalam mengembangkan NU di lingkungan masing-masing,” kata Afrizen.

Ketua PWNU Sumatera Barat Prof. Ganefri, Ph.D, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PCNU Kabupaten Solok yang sudah menyelenggarakan PDPKPNU. Hal ini sejalan dengan peraturan perkumpulan (Perkum) NU, bahwa PCNU harus melaksanakan pengkaderan PDPKPNU minimal satu kali dalam setahun.

“Melalui PDPKPNU ini, kader, simpatisan dan masyarakat akan semakin memahami kehadiran NU di tengah kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini. NU lahir sebagai organisasi keagamaan berpahamkan Islam Ahlussunnnah Waljamaah An-Nahdiyyah, bagaimana menjaga Islam tetap mayoritas di Indonesia dan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang ini.

Sebelumnya, pada pembukaan PDPKPNU Jumat (25/8/2023), Ketua Panitia PDPKPNU Buya Hafnizon mengatakan  peserta  70 orang  merupakan perwakilan dari pengurus Majelis Wakil Cabang NU di tiap kecamatan se-Kabupaten Solok, Rois Syuriah, Tanfidziyah, jajaran pengurus,  badan otonom, lembaga  PCNU Kabupaten Solok, beberapa dari pengurus PWNU dan PCNU lain di Sumbar.

Rois Syuriah PCNU Kabupaten Solok Buya Fahmi Riza dalam Khutbah Iftitah menekankan  tujuan dari  PDPKPNU yang merupakan peningkatan kapasitas dan kemampuan pengurus NU di  tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan PCNU. Sehingga mampu menggerakkan roda organisasi,  mampu menjadi organisasi yang selalu dan senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan keagamaan maupun pelayanan sosial kemasyarakatan di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Solok.

“Harapan dari PDPKPNU,  para pengurus mulai di tingkat ranting sampai cabang, baik  lembaga dan banom berada dalam satu barisan untuk kebesaran Nahdlatul Ulama Kabupaten Solok dan Sumatera Barat,” ujar Fahmi Riza pada pembukaan yang juga dihadiri Bendahara PBNU Azwandi Rahman, Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumbar diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Miswan, M.Pd.

Pada penutupan hadir Sekretaris PWNU Sumbar Kiyai Tan Gusli, S.Fil,. M.AP, instruktur PBNU Amrullah Furqon, Armaidi Tanjung dan Muktaf Ajib.  

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top