Kader PD-PKPNU Besarkan NU Sumbar dan Perkuat Nilai-Nilai Kebangsaan

0


Sitinjausumbarnews.com - Peran dua organisasi masyarakat berbasis agama Islam dalam menjaga keutuhan dan kenyamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga kini masih sangat penting. Kedua organisasi tersebut, yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah yang lahir jauh sebelum kemerdekaan Negara Kesatuann Republik Indonesia.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas  Perdagangan, Koperasi UMKM Kabupaten Lima Puluh Kota Drs. Rahmat Hidayat, M.Si., pada pembukaan Pendidikan Dasar – Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU), Jumat (1/12/2023), di aula MTsN 2 Kota Payakumbuh. PD-PKPNU yang diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Payakumbuh dan PCNU Lima Puluh Kota.

Menurut Rahmat Hidayat, kedua organisasi ini (NU dan Muhammadiyah) merupakan organiasi besar, yang selalu menjaga kenyamanan kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama. Kini mulai  ada muncul organisasi masyarakat yang cenderung menimbulkan kegaduhan di tengah kenyamanan masyarakat.

“PD-PKPNU yang diselenggarakan PCNU Payakumbuh dan Lima Puluh Kota ini sangatlah tepat dan dibutuhkan. PD-PKPNU yang bertujuan merawat nilai-nilai Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) dan penguatan menjaga keutuhan dan kenyamanan NKRI,” katanya.

Menurut Rahmat, tumbuhnya NU di Sumatera Barat yang berbudaya egaliter sungguh mengembirakan. Karena NU selalu berjuang menjaga stabilitas dan kenyamanan kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama. “Kini sudah ada warga NU Sumbar dari jajaran ASN Pemerintah Daerah dan profesi lainnya. Ini akan memperkuat kesatuan, persatuan dan keutuhan NKRI,” kata Rahmat.

Sekretaris Pengurus Wilayahh Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Barat Tan  Gusli menyebutkan, PD-PKPNU merupakan pendidikan kader pertama di Nahdlatul Ulama. Melalui PD-PKPNU, memberikan ruang kepada  masyarakat menjadi kader dan pengurus NU untuk berkhidmat di NU. Peserta PD-PKPNU menjadi kader yang berpikir dan bertindak, bagaimana membesar NU Sumatera Barat dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Perjuangan NU Sumatera Barat belakangan ini dalam penguatan nilai-nilai Aswaja dan menjaga keutuhan NKRI luar biasa. Melalui pendidikan sudah berdiri Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat (UNU Sumbar) yang baru saja melaksanakan wisuda pertama beberapa waktu lalu. Pada ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) NU yang diselenggarakan pada Februari 2023 lalu, PWNU Sumatera Barat mampu meraih medali emas rangking empat, dan menjadi rangking pertama di luar pulau Jawa. Prestasinya ini menunjukkan NU Sumatera Barat sudah mampu meraih prestasi di tingkat nasional,” kata Tan Gusli mantan Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kota Padang ini.

Ketua PCNU Kota Payakumbuh Mustafa melaporkan, PD-PKPNU dilaksanakan selama tiga hari dengan peserta 60 orang. Mereka berasal dari Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Pasaman Barat dan Kota Padang.

Turut memberikan sambutan Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh Dipa Surya Persada, Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota Irwan.

 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top