Transformasi Pendidikan Untuk Generasi Milineal pada Zaman Modern

0

 


Oleh: Arivin Sakti ((Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)

                                                                                                              

Dewasa ini, pendidikan merupakan konsekuensi dari dua predikat yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia, yaitu sebagai khalifah dimuka bumi dan sebagai abdilaah. Untuk menjadi khalifah dan abdillah membutuhkan ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan, kesucian jiwa, kerendahan hati dan kesediaan untuk mengabdi. Dengan demikian, pencapaian kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendominasi oleh kerja otak dan pikiran harus seimbang dengan kekuatan hati (qalbu) dalam merendahkan diri dihadapan Allah SWT, sehingga kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi harus mampu memperkuat keimanan kepada Allah SWT bukan melahirkan kesombongan.

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan harus diutamakan karena akan sangat berguna bagi kehidupan manusia. Dengan fungsinya pendidikan adalah jendela pengetahuan dan dapat digunakan sebagai ilmu yang berguna bagi pengembangan teknologi-teknologi pada zama modern. Cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan, menurut saya ada beberapa aspek yang pertama tergantung pada masyarakatnya, jika masyarakat tersebut terdidik maka pemerintahan akan lebih mudah untuk dijalankan, dan sebaliknya jika masyarakat kurang terdidik maka akan sulit menerima program-program pemerintah sehingga proses pembangunan akan mengalami hambatan. Bukan hanya pemerintah kota saja, pemerintah daerah juga seharusnya meningkatkan mutu pendidikan didaerah-daerahnya masing-masing yang terpencil akan ilmu pengetahuan, tenaga ahli, atau pengajar dan infrastruktur yang belum memadai disetiap sekolah-sekolah.

Generasi milineal yaitu generasi yang dikategorikan serba butuh teknologi dan kemewahan. Penulis pendapat seorang tokoh yang bernama Harovis (2012) generasi milineal adalah sekelompok anak-anak muda yang lahir pada awal tahun 1980 hingga awal 2000-an generasi ini lebih fleksibel terhadap hal-hal baru dan sebagai kemungkinan yang akan terjadi, hal ini generasi milineal menaruh harapan yang tinggi dalam mencari pekerjaan. Generasi milineal dianggap special karena memiliki perbedaan yang cukup tajam dengan generasi sebelumnya. Apalagi dalam hal teknologi, generasi milineal memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak heran jika pada zaman ini sangat mengetahui dalam dunia teknologi.

Pendidikan dalam generasi milineal ini juga dapat mempermudahkan bagi mereka untuk mencari sumber belajar, dalam cara belajar pun para pelajar tidak hanya menghandalkan buku saja akan tetapi bisa mencari dengan berbagai hal yang bisa terhubung dengan jaringan internet dan bisa mengakses referensi referensi yang terkait. Pendidikan pada zaman milineal ini menuntut suatu perubahan yang besar didalam sistem pendidikan nasional. Sistem pendidikan yang baik harus dapat menyajikan pendidikan yang bermutu kerena pendidikan bertujuan mentransfer pengetahuan, tata nilai dan kemampuan sehingga diharapkan dapat mencari dan menciptakan karya yang baru setelah menempuh sebuah jenjang pendidikan. Untuk mencapai mutu pendidikan yang baik dan modern tentu memerlukan standar, inovasi, teknologi, sumber daya finansial dan manusia yang professional.

Pada zaman modern ini telah membawa banyak perubahan-perubahan yang terjadi baik itu perubahan positif maupun perubuhan negatif. Perubahan yang terjadi di era globalisasi tidak bisa dibendung dan dihindari karena pada dasarnya kondisi ini akan secara tersendirinya terbentuk akan tetapi tergantung seseorang bagaimana terbentuknya. Apabila perkembangan globalisasi dan teknologi yang semakin cepat tidak dibarengi dengan pengetahuan dan pemahaman yang menghadapi dunia modern ini akan memberikan dampak yang pada akhirnya mempengaruhi seseorang dalam menjalani kehidupan di masyarakat. Perubahan yang terjadi akibat globalisasi yang telah membawa pengaruh diberbagai sendi-sendi kehidupan. Pada saat ini telah membawa dampak yang sangat serius salah satunya menyebabkan krisis moral dan akhlaknya.

Generasi milineal ini mempunyai karakter yang sudah terbiasa hingga sebenarnya karakter tersebut merupakan dampak dari adanya teknologi yang berkembang pada pada zaman modern ini yaitu kecanduan internet, namun disisi lain juga mempunyai karakteristik yang begitu baik juga seperti halnya percaya diri dan harga diri lebih terbuka serta mempunyai toleransi yang tinggi terhadap perubahan. Sebagaimana yang terjadi pada saat ini, banyak terjadi persaingan yang ketat akibat dari kebebasan, tuntutan untuk memperoleh prilaku yang lebih adil, dan demokratis ini membuktikan bahwa harus belajar kembali karena adanya kemajuan pengetahuan dan ilmu teknologi, serta adanya kemrosotan moral yang merupakan akibat dari masuknya budaya baru yang tidak sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam.

Banyak sekali dari generasi milineal yang melakukan penyalahgunaan dari teknologi media sehingga menimbulkan pengaruh negatif yang lebih dominan, dimana media social hanya digunakan untuk segala sesuatu yang bersifat pamer. Perubahan-perubahan sebagai konsekunsi dari generasi milineal yang sekarang ini dimana informasi lebih bergerak secara dinamis. Hal ini yang mempengaruhi generasi milineal sekarang hingga mengalami kondisi yang mengalami perubahan drastis. Selain menimbulkan dampak negatif juga sekaligus menyadarkan generasi milineal akan kesadaran yang tinggi tentang pentingnya pendidikan yang berorientasi pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini generasi milineal juga ikut andil dalam persaingan diera globalisasi.

Pada generasi milineal sekarang ini teknologi terus berkembang sehingga para pemuda lebih bergantung kepada teknologi, mereka bergantung pada internet untuk mencari beragam informasi serta mengumpulkan informasi yang dibutuhkan. Mengingat hal tersebut, pada generasi milineal ini lebih memiliki pandang positif tentang bagaimana teknologi dan informasi mempengaruhi kehidupan pada saat ini. Oleh karena itu, pada generasi milineal ini baik dari kalangan pemuda maupun yang tua teknologi dan informasi sering digunakan untuk kebutuhan setiap harinya. Sehingga hal ini juga mempengaruhi gaya hidupnya.

Perubahan yang terjadi baik dalam segi social, ekonomi, teknologi, dan budaya seiring dengan berkembangnya zaman, menuntut manusia untuk mampu beradaptasi pada setiap perubahan yang ada. Perkembangan manusia dari generasi kegenerasi yang didiringi dengan modernisasi mengakibatkan timbulnya karakter yang berbeda. Perubahan yang signifikan  pada setiap generasi membawa ciri khas yang bepengaruh bagi kondisi generasi dimasa yang akan datang baik setiap Negara terutama dalam bidang pendidikan, bisnis dan arah politik.

Sebagai generasi milineal tentu tidak cukup jika hanya mengusai teknologi saja, namun harus menjadi seseorang yang bependidikan, karena pendidikan merupakan ujung tombak peradaban bangsa. Maju tidaknya suatu bangsa dilihat dari pendidikan yang diterapkan dinegaranya dan bagaimana pengaruhnya terhadap masyarakat. Namun, peran generasi milineal sebagai generasi penerus bangsa juga tidak cukup dengan berbekal pendidikan yang tinggi, namun harus dapat menguasai teknologi dan memiliki soft skill yang mantap.

Dizaman modern ini generasi milineal dituntut untuk mampu menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif untuk bekal pendidikan dan pengalaman dimasa mendatang. Untuk itu generasi milineal perlu banyak menstranformasikan dizaman modern ini, karna pada zaman modern ini akan banyak mengeluarkan pemikiran-pemikiran yang lebih tajam ataupun ide-ide yang luar biasa dalam memahami segala sesuatu yang akan terjadi nantinya atau yang akan dihadapinya dimasa yang datang. Oleh sebab itu generasi milineal ini sangat diharapkan untuk mengembangkan potensi-potensi demi perubahan-perubahan yang lebih baik.

 

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top