Kemensos Salurkan Bantuan Lebih dari Setengah Milyar di Kecamatan Koto Besar, Kebahagian Para Lansia di HLUN Ke 27 di Dharmasraya

0

 


DHARMASRAYA, Sitinjausumbarnews.com - Diperingati setiap tanggal 29 Mei, Hari Lanjut Usia (HLUN) merupakan cara atau upaya dalam memberikan penghargaan atau kepedulian kepada para lansia yang ada di Indonesia. Tahun ini Kementerian Sosial RI kembali memeriahkan Hari Lanjut Usia yang ke 27 di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.


Mengusung tema di tahun ini yaitu Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat, Kementerian Sosial RI melalui Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Sentra Margo Laras Pati, Sentra Abhiseka Pekanbaru, BBPPKS Jayapura, dan Direktorat PSKBSNA menyalurkan bantuan dengan total sebesar Rp 745.103.650 kepada 570 lansia di Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Senin (29/05/2023)


Kepala Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Rachmat Koesnadi, mengatakan bantuan yang diberikan dalam memperingati HLUN ini berupa 197 paket sembako, nutrisi, obat-obatan, sandang, dan kebersihan diri, serta bantuan aksesibilitas berupa 5 unit Alat Bantu Dengar (ABD), 8 unit kursi roda, 40 unit kacamata baca dan 18 unit tongkat tripod. 


" Ada juga bantuan berupa operasi katarak kepada 17 orang dan bantuan isi Rumah Sejahtera Terpadu (RST) kepada 2 orang serta bantuan kewirausahaan sebanyak 8 orang. Bantuan-bantuan tersebut diberikan kepada total 231 orang lansia yang ada di Nagari Koto Besar, Nagari Bonjol, Nagari Abat Siat dan Nagari Koto Laweh," terangnya


Kepala Sentra Margo Laras Pati, Jiwaningsih mengatakan bahwa bantuan yang diberikan untuk para lansia di Kecamatan Koto besar ini semoga dapat memberikan gambaran kepedulian kami dari Kemensos kepada para lansia. 


" Kami juga memberikan bantuan 113 paket berisi sembako, nutrisi, obat-obatan, sandang, dan kebersihan diri serta bantuan operasi katarak sebanyak 9 orang, ABD sebanyak 6 orang, kacamata baca sebanyak 30 orang, isi RST untuk 2 orang dan bantuan kewirausahaan kepada 6 orang lansia di Nagari Koto Ranah dan Nagari Koto Tinggi, ujar Jiwaningsih


Tidak absen dalam memperingati HLUN ke 27 di Kabupaten Dharmasraya, Kepala Sentra Abhiseka Pekanbaru, Agus Hasyim, memberikan bantuan kepada 175 lansia di Nagari Koto Gadang berupa paket berisi sembako, nutrisi, obat-obatan, sandang dan kebersihan diri, serta terdapat 9 lansia mendapatkan bantuan ABD, 3 lansia mendapatkan bantuan kursi roda, 17 lansia mendapat bantuan tongkat tripod dan 14 lansia mendapatkan kacamata baca, serta bantuan operasi katarak sebanyak 6 orang. 


Di kesempatan yang sama, Kepala BBPPKS Jayapura memberikan bantuan kepada lansia di Nagari Koto Besar dan Nagari Bonjol berupa 34 paket berisi sembako, nutrisi, kebersihan diri, obat-obatan dan sandang, serta memberikan bantuan kepada 8 lansia produktif di Nagari Koto Besar. Semoga bantuan dari kami memberikan dampak yang baik bagi penerimanya.


Selanjutnya, dari Direktorat PSKBSNA memberikan bantuan pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu kepada 5 orang senilai Rp. 100.000.000, dan 535 paket perlengkapan ibadah serta pembuatan taman lansia senilai Rp 180.000.000. ( Akn )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top