Tinjau Lokasi Korban Terdampak Banjir di Ulakan Tapakis, Bupati Suhatri Bur Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

0


PADANGPARIAMAN — Dampak curah hujan yang cukup deras melanda Sumatera Barat yang mengakibatkan di beberapa daerah berdampak banjir dan tanah longsor, sehingga ruas jalan dan rumah masyarakat terendam banjir. Dampak banjir dan tanah longsor terjadi di Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman sejak Kamis (13/7/2023).


Lokasi banjir dan longsor di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, terjadi di Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Korong Pasie laweh, Nagari Bisati Sungai Sarik, Nagari Balah Aia dan Nagari Ulakan Tapakis, dimana beberapa rumah masyarakat terendam banjir. Bencana longsor menimpa 1 unit rumah masyarakat dan 8 titik longsor ke badan jalan di Korong Rimbo Kalam, Nagari Anduriang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam.


Melihat kondisi banjir tersebut, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur langsung meninjau lokasi rumah masyarakat yang berdampak banjir di Nagari Ulakan Tapakis, Jumat, (14/7/2023).


Ia menegaskan, masyarakat selalu waspada terhadap cuaca ekstrim, karena pada saat ini keadaan cuaca tidak menentu,kadangkala panas dan kadang tiba-tiba datang hujan deras yang mengakibatkan banjir bandang.


“Untuk penanggulangan bencana ini dibawah komando Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman harus dapat bersinergi dalam mengatasi dan memberikan penanganan bencana banjir tersebut, “ungkap Suhatri Bur.


Ia menambahkan, segala kebutuhan warga yang terdampak banjir dapat terpenuhi dengan cepat dan semua perangkat daerah turut serta membantu warga masyarakat yang terdampak banjir dan tanah longsor di beberapa titik di Kabupaten Padang Pariaman ini.


Menurut Kepala BPBD Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya menyampaikan bahwa data sementara dampak dari banjir memang sudah menjadi langganan banjir, namun kami dari Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama TNI/Polri bekerjasama melakukan siaga dan langsung meninjau lokasi yang terdampak bencana.


“Kami bersama pemerintahan kecamatan dan nagari turun ke lokasi bencana dan langsung memberikan bantuan terhadap warga yang terdampak banjir maupun bencana tanah longsor. Dan kami segera melakukan penanganan dan evakuasi warga masyarakat dimana rumahnya yang terendam banjir , “ujarnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top