Semua Prodi Terakreditasi B, UNU Sumbar Wisuda 86 Sarjana

0


Sitinjausumbarnews.com -
Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat (UNU Sumbar) semakin dipercaya sehingga mampu melahirkan sarjana dari program studi yang sudah terakreditasi baik. Saat ini UNU Sumbar tumbuh dan terus berkembang, sehingga termasuk perguruan tinggi swasta baik di Sumatera Barat.

Demikian diungkapkan Ketua Badan Penyelenggara dan Pengelola (BPP) UNU Sumbar Prof. Ganefri, Ph.D, pada wisuda UNU Sumbar angkatan II, Senin (27/5/2024), di auditorium Universitas Negeri Padang (UNP). Menurut Ganefri, perjalanan panjang UNU Sumbar dengan kerja keras dua tahun belakangan melakukan pembenahan, berhasil terakreditasi baik program studi maupun institusinya. Mahasiswa  angkatan pertama masih ada yang wisuda saat ini.

“Dengan terakreditasinya program studi dan institusi UNU Sumbar pada peringkat baik,  sehingga kualitas UNU Sumbar tidak kalah dengan perguruan tinggi lainnya di Sumatera Barat,” kata Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang.  

Dikatakan Ganefri, orangtua calon mahasiswa tidak perlu ragu menyerahkan anaknya kuliah di UNU Sumbar. Karena kualitas dan akreditasi  UNU Sumbar sudah diakui Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. “Sarjana yang dididik di UNU Sumbar, selain penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, juga yang memiliki nilai-nilai Islam Ahlussunnah Waljamaah dan mencintai Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Ganefri yang juga Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Barat.

Rektor UNU Sumbar Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si melaporkan, jumlah wisudawan angkatan II sebanyak 86 orang. Sedangkan wisuda perdana dilaksanakan pada tahun 2023 lalu yang diwisuda sebanyak 45 orang. “Dengan sudah banyaknya mahasiswa yang diwisuda,  diharapkan semakin banyak minat tamatan SLTA untuk melanjutkan pendidikan di UNU Sumbar,” kata Yunia mantan Wakil Rektor I UNP.

“Dengan dua kali wisuda yang sudah dilaksanakan, ini menunjukkan UNU Sumbar memang sebuah perguruan tinggi yang mampu melahirkan sarjana sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami mengajak para orang tua di Sumatera Barat khususnya, untuk melirik UNU Sumbar sebagai tempat melanjutkan pendidikan anak-anak,” kata Yunia Wardi.

Ketua Umum PBNU KH Yahya  Cholil Staquf diwakili Ketua LPTNU Prof. Ainun Na’im, M.B.A., Ph.D kepada wisudawan menyampaikan, pastikan lulusan UNU Sumbar mempunyai peran dan kontribusi pada masyarakat,dimanapun wisudawan berada. “Belajar dan berkreasi seluas-luasnya. Kritisi apa yang ada,pikirkan  apa alternatif yang lebih baik untuk  masyarakat luas,” kata Ainun Na’im.

Kuasai hal-hal prinsip dalam menyelesaikan masalah. Wisudawan nantinya harus mampu mengenali masalah dan menyelesaikan masalah tersebut, tutur Ainun Na’im.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X diwakili Kepala Bagian Umum Rahmi, S.E, M.Si menambahkan, yang diwisuda hari ini jangan sampai menambah angka pengangguran terdidik. Cari pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi diri, kalau bisa mampu menciptakan lapangan kerja baru. Bagi yang sudah bekerja, bagaimana pekerjaan bisa ditingkatkan.

Turut hadir Wakil Bendahara PBNU Azwandi Rahman, Kakamenag Sumbar Mahyuddin, Kabiro AUAK IAIN Kerinci, orang tua wisudawan dan undangan lainnya.

UNU Sumbar terdiri dari tiga fakultas dan 11 prodi. Yakni Fakultas Teknik, prodi Teknik Informatika, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi. Fakultas Sosial dan Humaniora, prodi Ekonomi Islam, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Bisnis Digital. Fakultas Sains, prodi Agrobisnis, Manajemen  Sumberdaya Perairan dan Budidaya Perairan. 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top